PELALAWAN (CAKAPLAH) – Ridho Afalda, SSTP, M.Si tercatat sebagai salah satu Lurah termuda yang ada di 12 kelurahan di Kabupaten Pelalawan. Ia ditugaskan menjabat Lurah di Kelurahan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Kelurahan Kerinci Timur salah satu kelurahan dengan jumlah populasi penduduk terbanyak di Kabupaten Pelalawan. Pria kelahiran Kabupaten Lima Puluh Kota, Payah Kumbuh Sumatera Barat (Sumbar), belum genap enam bulan bertugas di kelurahan yang berbatasan langsung dengan kawasan pabrik PT RAPP itu.

Dengan jumlah penduduk terbanyak terdiri berbagai multi suku dan etnis, pria lajang ini membuat terobosan untuk menyukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan. Terobosan itu adalah meluncurkan program KETI PERI.

KETI PERI adalah sebuah program Kerinci Timur Pelayanan Prima. Program ini memiliki empat program unggulan. Ridho Afalda, Selasa (12/7/2022) mengungkapkan bahwa program KETI PERI sudah diaplikasikan di lapangan.

Cakap Ridho, KETI PERI ini terdapat empat program unggulan, memiliki spesifikasi masing-masing setiap program. Pertama adalah Silajang. Maksudnya adalah Sistem Layanan Antar Jemput Senang. Program ini dikhususkan untuk warga tidak mampu, seperti Lansia, Janda tua, Anak yatim, dan warga tidak mampu.

“Jadi mereka ini kita layani dengan cara langsung, melibatkan para RT mendatangi rumah mereka. Mereka hanya persiapkan berkas-berkas saja kita yang langsung mengantarkan dokumen kebutuhannya,” ujar Rido.

Program kedua kata dia adalah LURING, yakni Lurah Keliling. LURING ini menurutnya, program melakukan kegiatan yang kita singkat Si Dilan Ngopi (diagnosa permasalahan dan ngobrol inovasi).

“Nah program kedua ini kita buat khusus dengan RT/RW , Kaling, LPM, dan tokoh masyarakat. Jadwal Luring ini setiap hari Senin kita akan keliling di Lingkungan Rawa Badak, hari Selasa kita keliling ke Lingkungan Lalang, dan Hari Rabu kita keliling ke Lingkungan Pulau Payung, ini kita lakukan setiap Minggu mulai pukul 19.30 s/d pukul 23 Wib, agar kita mengetahui dan dapat informasi langsung dari perangkat kelurahan yang ada di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur,” beber pria berparas ganteng dengan tubuh tinggi semampai ini.

Program ketiga adalah Sang PEMIMPI, yakni persiapan milenial masuk perguruan tinggi. Program ini kata dia meliputi program bimbingan gratis satu tahun di ganesha operasion.

“Dan program ini memang kita khususkan untuk anak-anak kurang mampu yang telah kelas 12 SMA sederajat yang ada di Pangkalan Kerinci Timur. Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 15 orang yang kita tampung dari 15 orang tersebut dua orang sudah mendapat peluang bea siswa serta langsung bekerja di PT RAPP. Insya Allah, akhir Juli ini di mulai,” tambahnya lagi seraya mengatalan program Sang PEMIMPI didukung oleh PT.RAPP, BAZNAS, Ganesha Operasional, BRI, dan para kontraktor lainnya.

Program keempat adalah les bahasa Inggris gratis khusus SMP sederajat. Dimana kata dia program ini dilakukan memang khusus untuk para anak-anak yang masih SMP sederajat se-Pangkalan Kerinci Timur.

“Program ini memang masih delapan orang yang mendaftar ke Kelurahan karena kita tetap prioritaskan untuk anak-anak yang kurang mampu,” tandasnya.

Sumber : Siap Sukseskan Program Pemerintah, Lurah Kerinci Timur Luncurkan Program KETI PERI – Cakaplah – Berpikir Berbuat Bercakap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *